Kota JogjaNews

Kustomfest 2018 Hadirkan Pesawat Bersejarah “RI-X WEL”

0
Kustomfest 2018 Hadirkan Pesawat Bersejarah "RI-X WEL"
Jumpa Pers Kustomfest 2018

STARJOGJA.COM.JOGJA – Festival Kustom Kultur Indonesia Kustomfest 2018 siap digelar di Jogja Expo Center , 6-7 Oktober 2018. Dalam event tahunan ini juga akan direstorasi pesawat bersejarah “RI-X WEL” koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta.

“Pesawat ‘RI-X WEL merupakan sebuah pesawat pertama yang dibuat oleh anak bangsa ,” kata Direktur Kustomfest 2018 Lulut Wahyudi saat jumpa pers di Yogyakarta, Selasa (02/10/2018)

RI-X WEL merupakan pesawat kustom atau modifikasi pertama yang ada di Indonesia sekaligus satu-satunya di dunia karena dibuat dengan mesin penggerak yang tidak lazim menggunakan mesin sepeda motor Harley Davison.

“Bayangkan pada 1948 setelah kemerdekaan anak bangsa sudah bisa melakukan kustom pesawat seperti itu. Sehingga dengan membawa pesawat ini di Kustomfest kami ingin agar etos dari para pendahulu TNI AU bisa dimengerti dan spiritnya bisa diteladai di dunia kustom Indonesia,” kata Lulut.

Lulut menjelaskan menjelang acara tahunan Kustomfest 2018, pesawat tersebut telah dibongkar dan diperbaiki seperti bagian skin di bagian sayap dan fuselage, serta memperbaiki sektor warna mengingat kondisi pesawat itu telah berusia tua.

Selain itu, di bagian mesin pesawat tersebut telah diperbaiki dengan menggunakan satu mesin motor Harley Davidson WL berkubikasi 750CC buatan tahun 1925.

“Pesawat ini akan tetap menggunakan rangka badan dari besi dan airfoil sayap dari kayu,” kata dia.

Dengan menghadirkan pesawat bersejarah itu, menurut dia, akan menunjukkan bahwa Kustomfest yang pada tahun ini mengusung tema “Color of Difference” tidak melulu berfokus pada modifikasi mobil dan sepeda motor.

We Jadi Single Pertama Album Endah N Rhesa

Previous article

Gelang Power Balance dan Riwayatmu Kini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja