Pintu Gerbang Gunungkidul Rawan Macet saat Nataru

0
Pintu Gerbang Gunungkidul

STARJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL. Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul memetakan wilayah rawan macet saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Pintu Gerbang Gunungkidul Rawan Macet saat Nataru

Selain Pintu gerbang masuk, lokasi objek selfie baru yakni He-Ha Sky View menjadi dua titik yang memiliki tingkat kerawanan macet yang tinggi.

“Kemacetan di pintu gerbang dan objek wisata foto di wilayah Patuk selalu terjadi saat liburan,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Dishub Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, belum lama ini.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Dishub bersama Satlantas Polres Gunungkidul berupaya melakukan pengalihan arus saat terjadi kepadatan kendaraan.

“Kami berencana membuat pengalihan jalan, pasti ada perlambatan kendaraan di pintu masuk dan beberapa objek foto wisatawan,” ujarnya.

Berdasar hasil arahan Dirlantas Polda DIY, pengamanan dititikberatkan di jalur utama Gunungkidul, serta di lokasi keluar masuk area parkir kendaraan di objek wisata. Seiring mendekati libur Nataru, Dishub terus memantau arus kendaraan.

Pemkab Gunungkidul mendorong hadirnya objek wisata baru di Bumi Handayani sebagai penopang untuk menjawab kebutuhan wisatawan di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020. Salah satunya objek wisata yang baru saja diperkenalkan yakni Giri Sela Kandha.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Asti Wijayanti, menyatakan objek wisata pantai masih menjadi pilihan favorit bagi para wisatawan. Hal ini memicu kemacetan di seluruh jalur utama menuju pantai.

“Dibutuhkan destinasi baru yang mampu membelokkan arah wisatawan untuk tidak langsung ke pantai, sehingga beban jalur di kawasan pantai bisa berkurang,” kata Asti kepada Harian Jogja, Minggu (8/12/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here