Flash InfoNewsTechno

Japan Airlines Rugi Rp1,5 Triliun Akibat Tabrakan Pesawat

0
Japan Airlines Rugi

STARJOGJA.COM. INFO –  Japan Airlines Rugi Rp1,5 Triliun Akibat Tabrakan Pesawat. Japan Airlines (JAL) mengawali tahun dengan tragedi kecelakaan tabrakan pesawat di bandara Haneda, Tokyo, Jepang, yang menewaskan setidaknya 5 orang. Pesawat JAL pun hancur.

Seluruh penumpang pesawat berbadan lebar milik JAL yang berjumlah 379 orang berhasil menyelamatkan diri sebelum pesawat tersebut benar-benar dilalap api yang membutuhkan waktu lebih dari enam jam untuk dipadamkan.Namun, lima dari enam awak pesawat lainnya, sebuah pesawat Penjaga Pantai berukuran lebih kecil yang sedang dalam perjalanan untuk mengirimkan bantuan ke daerah yang terkena gempa di pantai barat Jepang, tewas, dan pilot yang selamat terluka parah.

Saat penyelidik menyisir puing-puing yang hangus pada Kamis (4/1/2024), otoritas transportasi sedang menyelidiki keadaan yang menyebabkan pesawat Penjaga Pantai memasuki landasan tempat jet penumpang mendarat. Polisi juga menyelidiki kemungkinan kelalaian profesional dalam kasus ini, menurut laporan media.

Berdasarkan transkrip yang dirilis oleh pihak berwenang menunjukkan kontrol lalu lintas udara memerintahkan pesawat Penjaga Pantai untuk melanjutkan ke titik tunggu di dekat landasan pacu beberapa menit sebelum kecelakaan, instruksi yang tampaknya telah dibacakan kembali oleh pilot sebagai pengakuannya.

Pihak berwenang Jepang mengatakan pada Rabu lalu bahwa jet penumpang tersebut telah diberi izin untuk mendarat, namun pesawat yang lebih kecil belum diizinkan untuk lepas landas, berdasarkan transkrip. Sementara, Pilot pesawat penjaga pantai itu mengatakan setelah kecelakaan itu bahwa dia telah diberi izin untuk memasuki landasan pacu.

Pihak berwenang baru saja memulai penyelidikan dan pakar penerbangan mengatakan biasanya kegagalan beberapa pagar pengaman menyebabkan kecelakaan pesawat bisa terjadi. Pemberitahuan kepada pilot yang bertugas sebelum kecelakaan menunjukkan bahwa lampu berhenti yang dipasang di aspal sebagai tindakan pengamanan ekstra untuk mencegah kesalahan belokan, tidak berfungsi, menurut salinan buletin yang diposting oleh regulator AS.

Rugi Besar Japan Airlines (JAL) memperkirakan dari tragedi tersebut akan mengakibatkan kerugian operasional sekitar 15 miliar yen atau sekitar Rp1,55 triliun. JAL menyebutkan, hancurnya pesawat tersebut akan ditanggung oleh asuransi, dan menambahkan bahwa pihaknya sedang menilai dampaknya terhadap perkiraan pendapatannya untuk tahun keuangan yang berakhir pada 31 Maret.

Semua KA dari Yogyakarta ke arah Bandung Tidak Lagi Memutar

Previous article

Gaya Hidup Sedentari Tingkatkan Risiko Kanker Pankreas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info