Flash InfoLifestyleNews

10 Negara Paling Muda di Dunia

0
negara paling muda

STARJOGJA.COM, INFO – Saat ini, terdapat 195 negara yang diakui di dunia. Namun ada 10 negara yang tercatat paling muda.

Faktanya, semua negara termuda di dunia dalam daftar ini baru berusia 30 tahun. Bahkan negara termuda di urutan teratas daftar ini, baru akan merayakan hari jadinya yang ke 13 tahun ini.

berikut ini 10 negara termuda di dunia:

10. Kroasia

Kroasia, secara resmi Republik Kroasia adalah negara di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara. Kroasia mendeklarasikan kemerdekaannya pada 25 Juni 1991, setelah pembubaran hubungannya dengan Yugoslavia. Namun Kroasia terus memperjuangkan kemerdekaannya selama empat tahun dalam Perang Kemerdekaan.

Perang tersebut akhirnya berakhir pada 1995 ketika Kroasia melancarkan dua serangan besar yang dikenal dengan Operasi Flash dan Operasi Badai. Meskipun Kroasia menghadapi tantangan rekonstruksi pascaperang, negara ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Saat ini, Kroasia diklasifikasikan oleh Bank Dunia sebagai negara dengan perekonomian berpendapatan tinggi dan menduduki peringkat sangat tinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia. Selain itu, Kroasia juga menjadi tujuan wisata yang populer.

9. Slovakia

Slovakia adalah bagian lain dari bekas Cekoslovakia, yang memperoleh kedaulatannya bersama dengan Republik Ceko pada 1993. Cekoslowakia pertama kali dibentuk setelah Perang Dunia I dan pembubaran Austria-Hongaria.

Sejak menjadi negara sendiri, Slovakia telah menjadi negara maju dengan perekonomian berpendapatan tinggi yang maju, dan menduduki peringkat sangat tinggi dalam Indeks Pembangunan Manusia. Slovakia juga memiliki kinerja yang baik dalam pengukuran kebebasan sipil, kebebasan pers, kebebasan internet, pemerintahan demokratis, dan perdamaian.

8. Republik Ceko

Republik Ceko, juga dikenal sebagai Czechia, dibentuk pada 1993 setelah pembubaran Cekoslovakia. Seperti banyak negara di kawasan Eropa ini, Republik Ceko telah diperintah oleh berbagai kerajaan.

7. Eritrea

Eritrea, atau secara resmi Negara Bagian Eritrea, adalah sebuah negara di kawasan Tanduk Afrika. Perang Kemerdekaan Eritrea berlangsung selama tiga dekade hingga Eritrea memperoleh kemerdekaan de facto pada tahun 1991. Eritrea kemudian memperoleh kemerdekaan de jure pada tahun 1993 setelah referendum kemerdekaan.

6. Palau

Palau, atau secara resmi disebut Republik Palau, adalah sebuah negara kepulauan di Pasifik Barat. Seperti banyak negara kepulauan di Pasifik, Palau pernah dijajah oleh bangsa Eropa pada abad ke-16. Setelah Perang Dunia II, Palau, bersama beberapa negara Kepulauan Pasifik lainnya, berada di bawah kendali Amerika Serikat.

Setelah menjadi wilayah Amerika selama beberapa dekade, Palau diberikan kedaulatan penuh pada 1994 berdasarkan Perjanjian Asosiasi Bebas dengan Amerika Serikat.

5. Timor Timur

Secara historis, Timor Timur dijajah pada abad ke-16 oleh Portugal, yang menguasai negara tersebut hingga tahun 1975. Timor Timur pertama kali mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun itu, namun orang Indonesia yang berada di dekatnya menyerbu negara tersebut seminggu kemudian.

Pendudukan Indonesia di Timor Timur berlangsung penuh kekerasan dan ratusan ribu warga Timor Timur terbunuh dalam konflik tersebut. Konflik tersebut baru berakhir pada tahun 1999 dengan bantuan PBB.

4. Serbia

Serbia memperoleh kemerdekaannya ketika secara damai membubarkan konfederasinya dengan Montenegro pada 2006. Negara ini belum menjadi negara berdaulat sejak tahun 1918.

Serbia memiliki sejarah yang panjang dan kaya dan wilayah tersebut telah dihuni sejak Zaman Paleolitikum. Setelah Perang Dunia II, Serbia dan negara-negara Slavia Selatan lainnya membentuk Yugoslavia.

3. Montenegro

Montenegro adalah negara muda lainnya dalam daftar ini yang memutuskan hubungan dengan Serbia untuk menjadi negara berdaulatnya sendiri. Pada awal abad ke-20, Montenegro menjadi sebuah kerajaan dan setelah Perang Dunia I, kerajaan tersebut menjadi bagian dari Yugoslavia.

Nama Montenegro, “Crna Gora” disebutkan pertama kali dalam Piagam Raja Milutin, pada tahun 1276. Hutan lebat yang menutupi Gunung Lovcen dan daerah sekitarnya sangat gelap sehingga tampak “hitam”, itulah nama negara tersebut.

2. Kosovo

Kosovo, secara resmi Republik Kosovo, adalah negara lain yang mendeklarasikan kemerdekaannya dalam beberapa dekade terakhir. Pada 17 Februari 2008, Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari negara tetangganya, Serbia.

Namun, Serbia tidak mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat dan hanya 97 dari 193 (50,26%) negara anggota PBB yang secara resmi mengakui Kosovo. Selama dekade terakhir, Kosovo telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang solid melalui lembaga keuangan internasional.

1. Sudan Selatan

Sudan Selatan mendeklarasikan kemerdekaannya dari Sudan pada 9 Juli 2011, menjadikannya negara termuda di dunia. Negara ini terletak di Afrika Timur dan berbatasan dengan Ethiopia, Sudan, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Uganda, dan Kenya.

Sudan Selatan memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 2011 dan sekarang diakui sebagai anggota PBB.

 

Siapin Duit, Ini Harga Tiket Konser Jonas Brothers di Indonesia

Previous article

Semua KA dari Yogyakarta ke arah Bandung Tidak Lagi Memutar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info